Penderita maag bisa konsumsi makanan ini

This image has an empty alt attribute; its file name is Screenshot-18.png

Kamu pun yang sering mengalami sakit maag,biasanya kamu dianjurkan untuk makan makanan yang tertentu guna mencegah dan kenaikan asam lambung. Memang, selain maag bisa diredakan dengan bantuan obat-obatan, para penderita maag juga disarankan untuk lebih memerhatikan asupan makanan dan minuman hariannya. Agar cepat sembuh dan pulih lagi seperti sedia kala, apa saja pilihan makanan dan minuman yang di sarankan untuk para penderita maag agar asam lambung lebih terkendali lagi?

Bagi sebagian orang yang memiliki sakit lambung dan juga pencernaan lainnya, kadang mereka harus selektif dalam memilah dan memilih makanan yang patut dimakan.

Daftar pilihan makanan dan minuman inilah yang baik untuk penderita maag

Kata Maag adalah suatu istilah yand dipakai untuk menunjukkan sekumpulan gejala terkait dengan masalah yang ada pencernaan. Ya, sakit maag memang bukan suatu penyakit, melainkan hanya kondisi yang mengarah pada penyakit tertentu tepatnya pada lambung.

Ketika seseorang mendadak diserang oleh berbagai gejala maag, obat-obatan yang biasanya akan diminum pertama kali untuk meredakan keluhannya. Namun selain itu, para penderita maag biasanya diminta untuk lebih selektif lagi dalam memilih asupan makanan dan minuman hariannya.

Penasaran mencari tahu apa saja beragam makanan dan minuman yang baik untuk kamu yang penderita asam lambung? Di bawah ini pilihannya:

Oatmeal

 Oatmeal merupakan salah satu makanan yang berasal dari gandum dengan tampilan mirip seperti bubur. Saat ini, oatmeal tengah “dicap” sebagai makanan yang sehat. Pamor oatmel bahkan sedang naik daun saat ini sebagai menu sarapan yang ringkas dan mengenyangkan di pagi hari.

Ini karena oatmel yang hadir dengan kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi. Selain itu, oatmeal juga banyak  dilengkapi dengan sejumlah kandungan zat gizi lain di dalamnya. Seperti dari magnesium, mangan, fosfor, seng, zat besi, tembaga, folat, serta vitamin B.

Bagi para penderita maag, makanan yang satu ini diyakini baik untuk mengurangi gejala yang dapat menyebabkan kenaikan asam lambung. Pasalnya, oatmeal yang masuk ke dalam sistem pencernaan kita ternyata mampu membantu menyerap asam yang ada di dalam lambung.

Makanan ini juga bisa membantu melindungi lapisan perut, dari kemungkinan iritasi yang terjadi  karena produksi asam lambung yang meningkat. Menariknya, serat juga bermanfaat untuk melancarkan kerja pada usus, mengurangi risiko sembelit, dan juga membuat kenyang lebih tahan lama.

Agar lebih nyaman untuk sistem pencernaan, kita sebaiknya hindari penggunaan krim kental ke dalam sajian oatmeal. Sebagai gantinya adalah, Anda bisa mengganti dengan susu rendah lemak atau susu almond ke dalam semangkuk oatmeal.

Kandungan lemak sehat yang ada di dalam susu rendah lemak dan susu almond tersebut, dapat membantu melemaskan sfringter atau katup kerongkongan bagian bawah. Dengan begitu hal ini, bisa mencegah naiknya kembali asam yang ada di dalam lambung seseorang.

2. Pisang

Buah pisang juga memiliki banyak kandungan zat gizi penting yang baik untuk tubuh. Kamu akan mendapatkan sekitar 109 kalori energi, 0,8 gr protein, 0,5 gr lemak, 26,3 gr karbohidrat, 5,7 gr serat, vitamin, serta berbagai mineral lainnya yang bias di dapatkan hanya dengan makan satu buah pisang saja.

Buah yang identik dengan tekstur lumat dan mudah dikunyah serta berwarna kuning ini, merupakan salah satu pilihan makanan yang sehat untuk penderita maag. Seorang ahli mengatakan.

Menurutnya, buah pisang memiliki kandungan asam yang rendah, sehingga baik jika dimakan oleh para penderita asam lambung.

Tidak hanya itu saja, tekstur pisang yang lumat juga bias membantu meredakan gejala maag dengan cara memberikan lapisan pelindung pada bagian esofagus (kerongkongan) yang mengalami iritasi.

Bahkan, berkat kandungan seratnya yang tinggi pula, buah dengan warna kuning yang khas ini juga bisa membantu menangkal berbagai  gangguan pencernaan.

3. Melon

Tak kalah menarik dengan buah pisang, melon juga menyumbang sejumlah zat gizi yang sangat penting bagi tubuh kita. Seperti kandungan zat gizi makro, seperti 7,8 gr karbohidrat, 0,6 gr protein, 0,4 gr lemak, dan 1 gr serat.

Lalu selebihnya untuk zat gizi mikro, ada 12 miligram (mg) kalsium, 14 mg fosfor, 0,4 mg besi, 27 mg natrium, 167 mg kalium, vitamin B, dan vitamin C. Sama seperti buah pisang, melon juga termasuk buah yang rendah akan kandungan asamnya.

Sebaliknya pula, melon memiliki kandungan basa yang cukup tinggi berkat sejumlah magnesium di dalam buah melon itu sendiri. Magnesium merupakan salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam obat maag.

Lalu, tidak ada alasan lagi untuk kamu menghindari makan makanan yang satu ini tepatnya  bagi para penderita asam lambung tinggi.

4. Yoghurt

Jika dimakan dalam jumlah yang sedang dan tidak terlalu berlebihan, yoghurt juga ternyata bisa menjadi satu dari berbagai pilihan makanan untuk penderita maag. Hal ini dikarenakan yoghurt punya efek yang menenangkan sekaligus bisa membantu mengendalikan rasa tidak nyaman pada perut kita.

Alhasilnya adalah, gejala maag yang kerap menimbulkan kenaikan asam lambung pun dapat lebih dikendalikan. Lebih dari itu juga, kandungan probiotik alias bakteri baik yang ada di dalam yoghurt dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Yoghurt Dikemas dengan sejumlah kandungan protein yang tinggi,hal ini  membuat yoghurt semakin efektif dalam melancarkan kerja sistem pencernaan.

5. Sayuran yang berwarna hijau

Ada berbagai jenis sayuran hijau yang bisa dengan mudah kita temukan di pasar tradisional maupun di pasar modern. Mulai dari sawi, bayam, kangkung, brokoli,daun papaya,seledri dan lain sebagainya.

Selain rasanya yang enak ketika setelah diolah, beragam sayuran berwarna hijau tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Kandungan gula beserta kadar lemaknya yang rendah bisa membantu mengurangi peningkatan kadar asam lambung.

Pasalnya, makanan dengan lemak yang rendah ini dapat mempercepat pengosongan lambung dan sistem pencernaan. Dengan begitu, kamu dapat menurunkan kemungkinan asam lambung untuk kembali naik ke kerongkongan.

Tak perlu bingung bagaimana cara harus mengolahnya. Jika bosan dimasak dengan cara yang seperti itu-itu saja, sesekali Anda bisa berkreasi lebih dengan cara membuat semangkuk salad sayuran hijau yang telah direbus sebelumnya.

Kreasikan sayuran tersebut dengan minyak zaitun dan sayuran lainnya yang memiliki beragam warna yang menarik, sehingga dapat memicu nafsu makan.

6. Teh jahe

Jahe juga banyak dikenal baik untuk mengobati berbagai masalah pencernaan. karnanya, tumbuhan yang hanya diambil bagian akarnya ini memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan yang kuat guna untuk meredakan nyeri dada akibat naiknya asam lambung (heartburn).

Meski seperti itu, masih diperlukan banyak penelitian medis untuk benar-benar membuktikan keampuhan jahe sebagai bahan makanan atau minuman baik untuk penderita maag. Sampai saat ini, jahe lebih banyak  terkenal bermanfaat baik untuk meredakan mual dan muntah yang merupakan salah satu gejala pada penderita maag.

Cara mengolah jahe pun bisa terbilang mudah. Di samping itu lahan jahepun bisa dicampur bersama berbagai jenis masakan, jahe juga bisa diolah bersama minuman sebagai dengan perasa alami tambahan.

Anda hanya tinggal mengupas jahe secara manual mengguanakan pisau kupas, kemudian bisa langsung diparut, diiris, dan di geprek atau dipotong berukuran kecil sesuai selera. Setelah itu, jahe tinggal dicampur bersama dengan air panas yang telah mendidih agar nantinya jahe bisa  lebih cepat larut dalam minuman dan diolah menjadi teh.

Jika ingin olahan yang lebih mudah dan praktis, Anda juga bisa langsung menambahkan irisan atau parutan jahe ke dalam segelas smoothie atau susu rendah lemak seperti minuman susu jahe.

Tapi, Anda akan  lebih disarankan untuk mengonsumsi jahe dalam takaran tertentu saja. Dosis yang terbaiknya yakni adalah hanya sekitar 4 gram jahe dalam kurun waktu 24 jam sehari.

7. Pepaya

Tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata buah pepaya memiliki kandungan enzim bernama papain di dalamnya. Papain tersebut merupakan enzim protease yang dihasilkan oleh getah pada buah pepaya.

Ternyata enzim ini bukan sembarang enzim, papain dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Alhasil, asam amino pun bisa lebih gampang dipecah oleh tubuh berkat mengkonsumsi buah pepaya.

Biasanya, tubuh memang menggunakan enzim pepsin yang dihasilkan oleh lambung untuk mencerna protein pada makanan yang kita konsumsi. Akan tetapi, enzim pepsin tersebut ternyata hanya aktif dihasilkan pada kondisi lingkungan yang asam.

Padahal ketika gejala maag kita kambuh, kadar asam yang tinggi pada sistem pencernaan kita justru dapat merusak lapisan lambung, usus, dan kerongkongan.

Dengan kata lain, enzim papain secara tidak langsung juga bisa meredakan gejala asam lambung, karena mengurangi beban kerja pada sistem pencernaan. Atas alasan itulah, pepaya dinilai bisa menjadi makanan yang baik untuk para penderita asam lambung.