Makanan Untuk Diet Sehat

makanan diet

Sebagian besar orang memiliki masalah dengan kegemukan. Seorang yang berbadan gemuk senantiasa tidak akan enak dipandang mata. Sehingga masalah ini membuat banyak orang ingin menurunkan berat badan mereka. Siapa yang tidak senang memiliki tubuh langsing dan sehat?. Meskipun bagi sebagian orang yang bertubuh langsing menganggap hal tersebut bukanlah segalanya untuk kesenangan pribadi. Kini sudah banyak sekali cara menurunkan berat badan dengan cepat. Mulai dari makanan untuk diet sampai dengan obat-obatan yang dapat melangsingkan badan. Tubuh langsing memang tidak selalu harus melewati suatu proses yang dapat menyiksa diri atau mengeluarkan banyak biaya.

Sebagian besar wanita menganggap tubuh langsing merupakan segalanya tetapi ada pula yang tidak berpikiran seperti hal tersebut

Sebenarnya diet ketat membuat hidup kita menjadi tidak nyaman. Setidaknya marilah untuk lebih baik mengatur pola makan kita sendiri dengan lebih memilih makanan untuk diet daripada makanan yang kurang menyehatkan. Sebenarnya orang yang kelebihan berat badan biasanya kurang peduli terhadap pola makan. Mereka hanya merasakan enak dan kenyang saja. Jadi sebaiknya, kita terapkan pola makan dengan gizi yang seimbang yaitu antara karbohidrat, protein, lemak, dan mineral. Namun disini perlu ditekankan bahwa senantiasa harus bisa konsisten sehingga tubuh menjadi sehat dan langsing.

Apakah Anda mempunyai banyak makanan kesukaan ?. Sepertinya jawaban dari pertanyaan itu sungguh sulit untuk dapat menahan diri agar tidak menyentuhnya sama sekali sekaligus melahap makanan tersebut. Maka tidaklah heran jikalau sekarang Anda mempunyai perut yang buncit. Jadi apakah ini sebuah masalah bagi kita ?. Tentu saja, ini merupakan masalah yang harus Anda atasi. Namun jika Anda hanya mengacuhkannya begitu saja, Kemungkinan bagi seseorang yang sering mengkonsumsi makanan kesukaan akan bermasalah pada berat tubuh terutama bagian perut sehingga menjadi buncit.

Bagi seorang yang makan dalam jumlah sangat sedikit, tentunya tubuh secara otomatis akan menerima suatu tanda bahaya dan melindungi dari bahaya kelaparan. Oleh karena itu, tubuh kita akan membakar kalori lebih sedikit serta metabolisme tubuh menjadi melambat daripada biasanya. Sepertinya perlu kita ketahui pula bahwasanya saat melakukan diet ketat yaitu dengan mengurangi makan secara berlebih dan senantiasa kita dapat menahan rasa lapar, maka berat badan yang hilang oleh tubuh sebesar 50% lemak dan 50% lagi dari otot.

Olahraga tanpa sarapan akan membuat tubuh kelaparan. Sehingga dibalik itu ada risiko yang dihadapi yaitu kita cenderung makan berlebihan dan merasa kekenyangan saat waktu makan tiba. Maka untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh, jangan pernah lupa untuk sarapan pagi saat membagi jatah makan sehari. Selain itu, harus menghindari juga pola makanan diet dengan makan yang berkisar 2-3 jam sebelum waktu tidur. Hal ini sudah pasti jelas karena ketika kita tidur, tubuh akan tumbuh dan berkembang serta memperbaiki lalu akan menyimpan energi. Sehingga proses metabolisme tubuh menjadi lambat dan makanan yang belum dicerna oleh tubuh akan disimpan sebagai cadangan. Dan cadangan inilah akan disimpan dalam bentuk lemak. Tentunya keadaan seperti itu sangat tidak diinginkan oleh Anda, Bukan ?. Maka dari itu, apabila Anda menghindari makan 2 atau 3 jam sebelum tidur, Anda akan memberikan fungsi kenormalan tubuh pada waktu pencernaan makanan. Sehingga ketika Anda tidur, Anda tidak akan menyimpan kalori yang biasanya akan disimpan menjadi lemak.

Berolahraga tanpa sarapan pagi akan membuat makan berlebihan dan kekenyangan saat jam makan tiba, maka sebaiknya jangan pernah melewatkan sarapan saat hendak memulai aktivitas.

Pengaturan cara mengolah makanan untuk diet sehat

Bagi orang yang berdiet tetapi selalu menahan rasa lapar atau mengurangi porsi makanan saat jam makan tiba ternyata hanya perlu makan dalam jumlah cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Makan yang kurang atau berlebih itu akan membuat Anda gemuk. Akan tetapi bagaimana cara untuk mengetahui jumlah makan kita terasa cukup? Apakah jumlah yang cukup yang kita makan merupakan porsi yang biasa dimakan sehari-hari? Belum tentu demikian. Jadi perlu kita pahami bahwa porsi makan secara tepat itu sangatlah penting dalam program diet. Lalu bagaimana mengetahui porsi makan yang sesungguhnya, maka cobalah makan secara perlahan-lahan. Maksudnya adalah kita mesti memperlambat mengenai proses makan atau mengunyah makanan yang di dalam mulut menjadi terasa halus. Dan apabila kita biasanya menghabiskan satu porsi nasi goreng atau makanan lainnya dalam waktu 5 menit, sebaiknya buatlah menjadi 20 menit bahkan lebih jika Anda bisa melakukannya.

Tubuh kita memerlukan waktu selama 20 menit untuk memberitahu otak kalau sudah merasa kenyang. Oleh karena itu, dengan memperlambat proses makan, kita akan mampu mencegah rasa kekenyangan atau makan yang berlebihan. Ini merupakan sebuah hal yang dikarenakan ada cukup waktu bagi otak kita dalam menerima informasi bahwa kita sudah kenyang. Bagi pelaku diet yang sehat, tentunya dalam pikirannya pasti banyak yang dipikirkan mengenai makanan yang serba tidak enak, tidak boleh digoreng, harus direbus dan sebagainya. Sebenarnya jikalau Anda tidak mengkonsumsi lemak, maka tubuh akan sakit. Hal ini dikarenakan bahwa lemak ini memiliki peran sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K yang sangat berguna oleh tubuh. Tetapi, lemak yang dikonsumsi haruslah lemak sehat atau bukan lemak jahat. Lalu seperti apakah lemak sehat itu ?. Jadi, lemak yang sehat merupakan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Dari manakah kita bisa mengetahui untuk mendapat lemak yang sehat dalam masa diet ?.

Minyak sayur atau minyak zaitun penting dikonsumsi bagi pelaku diet sebagai pengganti minyak lainnya yang cenderung tidak sehat

Makanan untuk diet yang mengandung lemak sehat terdapat pada minyak sayur atau minyak zaitun, kacang almond, kacang mede, buah alpukat dan sebagainya. Jadi bagi yang melakukan program diet, sebaiknya mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun murni ketika akan memasak karena minyak tersebut termasuk minyak yang sehat. Jangan khawatir tentang rasa minyak itu yang akan berubah menjadi tidak enak ?. Seperti diketahui minyak zaitun sama persis bahan asalnya yaitu kelapa sawit dengan minyak goreng yang lainnnya hanya saja minyak tersebut jauh lebih menyehatkan sekaligus baik dikonsumsi pula bagi penderita kolestrol tinggi.

Bagi pelaku diet tentunya memiliki pantangan makanan yang kelebihan lemak, akan tetapi lemak diperlukan juga dikonsumsi dengan kondisi lemak yang sehat.